cover
Contact Name
Dr. Mashud, S. P.d., M.Pd
Contact Email
multilateral.journal@ulm.ac.id
Phone
+628115128680
Journal Mail Official
multilateral.journal@ulm.ac.id
Editorial Address
PJKR JPOK FKIP ULM JL. Taruna Praja Raya Kampus JPOK FKIP ULM Banjarbaru
Location
Kota banjarmasin,
Kalimantan selatan
INDONESIA
Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga
ISSN : 14123428     EISSN : 25491415     DOI : http://dx.doi.org/10.20527
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat, Jurnal ini terbit dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember, berisi artikel hasil penelitian dan kajian analisis kritis setara dengan hasil penelitian bidang Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Jurnal Multilateral Pendidikan Jasmani dan Olahraga berfokus pada Analisis Pembelajaran, Penelitian dalam pendidikan jasmani dan Olahraga serta masalah utama dalam pengembangan ilmu bidang olahraga sebagai berikut: 1. Pendidikan Olahraga 2. Kepelatihan Olahraga 3. Olahraga Rekreasi 4. Olahraga Tradisional Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat peminat pembaca adalah dari kalangan aktivis olahraga dan guru Pendidikan Jasmani.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 22, No 1 (2023): February" : 7 Documents clear
Sikap ilmiah, konsep diri akademik, dan capaian pembelajaran mahasiswa olahraga Tri Setyo Guntoro
Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga Vol 22, No 1 (2023): February
Publisher : Lambung Mangkurat University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/multilateral.v22i1.14698

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap (1) sikap ilmiah, konsep diri akademik, dan capaian pembelajaran mahasiswa olahraga (2) perbedaan sikap ilmiah, konsep diri akademik, dan capaian pembelajaran ditinjau dari jenis kelamin, (3) pengaruh sikap ilmiah, konsep diri akademik terhadap capaian pembelajaran mahasiswa olahraga. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif desain ex post facto. Subjek penelitian dalam penelitian ini yaitu mahasiswa olahraga di prodi ilmu keolahragaan dan penjaskesrek, yang terdiri atas 59 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan Kuesioner Sikap Ilmiah (KSI), Skala Konsep Diri Akademik (SKDA), dan dokumentasi untuk mengetahui capaian pembelajaran mahasiswa yang dilihat berdasarkan IPK. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif, anova dua jalur dan analisis jalur menggunakan program SPSS versi 26. Hasil penelitian ini yaitu (1) sikap ilmiah dan konsep diri akademik mahasiswa memiliki nilai rata-ratai tinggi; (2) tidak terdapat perbedaan sikap ilmiah, konsep diri akademik dan capaian pembelajaran ditinjau dari jenis kelamin; (3) terdapat pengaruh sikap ilmiah dan konsep diri akademik terhadap capaian pembelajaran mahasiswa olahraga.
Pengembangan bahan ajar renang berbasis aplikasi construct untuk guru pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan Dwi Fahrulzaini Samiaji; Ari Wibowo Kurniawan
Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga Vol 22, No 1 (2023): February
Publisher : Lambung Mangkurat University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/multilateral.v22i1.14660

Abstract

Perkembangan teknologi mendorong banyak perubahan dalam pendidikan jasmani olahraga kesehatan untuk lebih berinovasi serta dapat memberikan manfaat yang baru pada dunia pendidikan. Penelitian  ini ditujukan untuk mengetahui kebutuhan guru sekaligus membantu mengembangkan pembelajaran materi renang pada jenjang sekolah menengah pertama untuk menghadapi perkembangan zaman dengan memaksimalkan pemanfaatan kemajuan teknologi berupa pengembangan aplikasi. Peneliti mengembangkan pembelajaran materi renang berbasis aplikasi untuk guru mata pelajaran PJOK SMP di Kabupaten Malang. Metode penelitian dan pengembangan yang digunakan menurut Sugiyono dengan menggunakan 8 tahapan. Hasil validasi didapat dari para ahli yaitu ahli pembelajaran sebesar 92%, ahli materi renang sebesar 84%, serta ahli media sebesar 100%. Uji coba dilakukan kepada 40 guru yang tergabung dalam MGMP PJOK Kabupaten Malang mendapatkan hasil sebesar untuk kelompok kecil sebanyak 89% serta untuk kelompok besar sebanyak 91%. Berdasarkan data hasil yang telah diperoleh dapat ditarik kesimpulan bahwa pengembangan aplikasi ini sangat valid sehingga dapat dimanfaatkan untuk kegiatan pembelajaran guru PJOK.
Interval training short duration dan long duration: Perbedaan pengaruhnya terhadap VO2max atlet bola basket Oki Candra; Zulrafli Zulrafli; Ahmad Rahmadani; Alfi Renanda; Fitra Ramadan
Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga Vol 22, No 1 (2023): February
Publisher : Lambung Mangkurat University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/multilateral.v22i1.14709

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini yaitu mengetahui pengaruh short duration dan long duration terhadap VO2max bola basket. Jenis penelitian dipakai kuantitatif yaitu dengan pendekatan eksperimen two grup pretest-posttest. Adapun sampel pada penelitian ini klub bola basket klub Mahameru Pekanbaru berjumlah 22 orang. Prosedur penelitian ini di bagi dua kelompok dengan kelompok A (short duration) 11 orang dan kelompok B (long duration) 11 orang. Intrumen penelitian ini mengukur VO2max menggunakan tes Balke. Pengolahan teknik analisis data dalam penelitian memakai SPSS 22. Hasil analisis uji paired sampel test, nilai sig yaitu 0,008 < 0,05. Maka kesimpulan dalam penelitian ini terdapat pengaruh yang signifikan long duration terhadap VO2max bola basket. Selanjutnya jika tidak terdapat pengaruh yang signifikan Short duration  terhadap VO2max bola basket, didapatkan nilai sig yaitu 0,190 < 0,05. Rata-rata selisih peningkatan pada kelompok A yaitu 3,39 lebih kecil dibandingkan rata-rata selisih peningkatkan pada kelompok B yaitu 8,46. Maka dapat disimpulkan latihan long duration lebih baik dibandingkan dengan latihan short duration.
Kompetensi guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dari perspektif masa kerja Sudarso Sudarso; Suroto Suroto; Setiyo Hartoto; Vega Candra Dinata
Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga Vol 22, No 1 (2023): February
Publisher : Lambung Mangkurat University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/multilateral.v22i1.15034

Abstract

Penelitian survei ini bertujuan untuk mendeskripsikan kondisi kompetensi guru berdasarkan masa kerja. Sebanyak 56 guru PJOK SD (42 laki-laki dan 12 perempuan) menjadi subjek pengambilan data yang memanfaatkan Instrumen Pengukuran Kadar Keguruan Guru PJOK berbasis web (https://risetpjokindonesia.com). Empat kompetensi diukur yaitu pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional berdasarkan standar nasional pendidikan. Masa kerja diukur berdasarkan lamanya guru mengajar dalam hitungan semester. Pengukuran kompetensi masuk dalam kegiatan pengembangan keprofesionalan guru sehingga guru dapat didampingi saat mengisi instrumen. Analisis data dilakukan secara deskriptif, persentase, dan korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi sosial berkorelasi positif dengan masa kerja. Membuktikan bahwa kompetensi sosial berkembang dengan seiring berjalannya waktu. Kompetensi pedagogik dan profesional berada pada kategori biasa dan baik. Sedangkan kompetensi kepribadian guru dalam kategori hebat. Pembahasan berfokus pada pemanfaatan data kompetensi guru untuk keperluan peningkatan keprofesionalan guru menuju reflective teacher. Selain itu, dibahas juga tentang komunitas guru menjadi wahana yang strategis dalam peningkatan keprofesionalan guru.
Mental atlet: Konstruk, pengukuran, dan arah penelitian ke depan Miftah Fariz Prima Putra; Sutoro Sutoro; Evi Sinaga
Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga Vol 22, No 1 (2023): February
Publisher : Lambung Mangkurat University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/multilateral.v22i1.14785

Abstract

Mental atlet diyakini sebagai faktor yang memberikan pengaruh besar terhadap hasil suatu pertandingan, apakah atlet akan keluar sebagai pemenang atau sebaliknya. Itu sebabnya, publikasi ilmiah yang membahas mental atlet mengalami peningkatan jumlahnya. Tujuan artikel ini adalah (1) mengulas tentang konstruk atau konsep mental dalam konteks olahraga, (2) mereviu cara mengukur aspek mental atlet, dan (3) memberikan rekomendasi untuk penelitian ke depan dalam area tersebut. Mental juara dapat dimaknai sebagai karakter atlet yang memiliki keyakinan diri tinggi, pantang menyerah dalam kondisi sulit, dan dapat bangkit dari keterpurukan untuk fokus menggapai tujuan. Beberapa instrumen yang dapat digunakan untuk mengukur mental atlet antara lain, MTI, SMTQ, PPI-A, SPI, MTQ, AfMTI, dan CMTI. Namun begitu, diperlukan adaptasi bahasa dan budaya serta pengujian validitas dan reliabilitas sebelum instrumen tersebut digunakan pada atlet Indonesia. Masih banyak celah dan potensi untuk menggali area kajian pada mental atlet. Itu sebabnya, pekerjaan kajian ke depan hendaknya diarahkan pada pengembangan seperangkat program latihan mental atlet yang tersusun sistematis dan komprehensif, serta penyusunan alat ukur untuk mengungkap mental atlet dengan mendasarkan pada data karakteristik atlet atau orang di Indonesia.
Aksesibilitas prasarana dan dukungan sosial perilaku berolahraga siswa sekolah menengah atas Indonesia Mochammad Kanda Iwanta; Susilo Bekti; Agung Yuda Aswara
Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga Vol 22, No 1 (2023): February
Publisher : Lambung Mangkurat University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/multilateral.v22i1.14565

Abstract

Setiap kegiatan yang berlangsung di lingkungan sosial, selalu ada lingkungan yang mendukung dan ada yang tidak mendukung termasuk kegiatan olahraga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dukungan aksesibilitas prasarana dan dukungan sosial terhadap perilaku berolahraga peserta didik SMA di Indonesia. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 776 siswa SMA. Data penelitian ini adalah hasil survey nasional budaya olahraga dan sikap keolahragaan yang diselenggarakan oleh pusat kajian literasi fisik dan olahraga sekolah pascasarjana IKIP Budi Utomo Malang. Data dianalisis dengan tiga teknik, yaitu uji rerata tunggal, uji beda dua rerata dan teknik analisis korelasi. Disimpulkan bahwa, 1) Dukungan aksesibilitas prasarana dan dukungan sosial terhadap perilaku berolahraga tidak memenuhi kriteria baik yaitu 22 untuk Aksesibilitas dan 40 untuk Dukungan sosisal, 2) terdapat perbedaan dukungan sosial peserta didik laki-laki dengan perempuan, sedangkan pada dukungan aksesibilitas prasarana olahraga tidak terdapat perbedaan, 3) Hasil analisis tentang hubungan korelasi menyimpulkan bahwa semakin tinggi aksesibilitas maka semakin tinggi dukungan sosial perilaku berolahraga.
Survei durasi waktu serang bela pencak silat kategori tanding di kejuaraan southeast asia championship tahun 2022 Singapura Muslikhin Muslikhin; Kurniati Rahayuni; Taufik Taufik; Imam Hariadi
Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga Vol 22, No 1 (2023): February
Publisher : Lambung Mangkurat University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/multilateral.v22i1.15456

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui durasi waktu dan serangan belaan pencak silat kategori tanding menggunakan peraturan pertandingan terbaru tahun 2022. Menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode pendekatan Visual Research Methods (VRM). Teknik pengumpulan data menggunkaan purposive sampling memperhatikan dikumentasi kejuaraan pencak silat Southeast Asia Championship tahun 2022 di Singapura, kriteria dokumentasi video live streaming kategori puta dan putri, tidak adanya diskualifikasi semifinal dan final, dan kelas pertandingan kelas A s.d E (BB 45 kg s.d 70 kg) kategori dewasa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menganalisis terhadap durasi waktu serangan belaan menggunakan alat bantu stopwatch dan memperhatikan serang belaan yang digunakan. Durasi waktu serangan belaan secara keseluruhan dengan nilai rata-rata 2 s, nilai minimal durasi waktu serangan belaan 15 ms dengan 1 serangan tanpa perlawanan, dan nilai maksimal durasi waktu serangan belaan 8 s 53 ms dengan adanya gerakan perlawanan 9 serangan belaan, persentase jumlah serangan belaan setiap babak terdapat kenaikan secara signifikan pada babak 1 (23%), babak 2 (31%), dan babak 3 (46%). Maka hasil penelitian dapat menjadi acuan bagi pelatih maupun praktisi pencak silat dalam menyusun program latihan dengan mempertimbangkan durasi waktu dan pola taktik strategi serangan belaan.

Page 1 of 1 | Total Record : 7